Posted by
JelajahInternet
,
1 Comment
in
Otomotif
on
Kamis, 17 Juli 2014
Tips Mengatasi Mobil Mogok
1. Arus listrik battray lemah
Arus listrik Battray (aki) lemah bisa dikarenakan beberapa kemungkinan, yaitu: karena kabel di terminal plus (+) atau minus (-) battray yang tidak rapat (kendur), alternator atau dinamo amper yang babis (aus), serta battray yang telah habis masa pakainya.
Bila Anda menduga bahwa battray yang bermasalah, langkah-langkah pendeteksian pertama: Yang wajib Anda lakukan adalah memeriksa kabel di terminal battray . Pastikan apakah kabel tersebut telah terpasang baik atau tidak kendur.
Tips menangani mobil mogok- Bila ternyata kendur, maka segera kencangkan. Sebelum Anda kencangkan, yang harus anda lakukan adalah bersihkan dulu terminal tersebut dengan menggunakan kertas amplas atau (bila Anda membawa sikat gigi) sikat hingga bersih.
Jangan lupa periksa air aki apakah cukup atau tepat pada garis full. Segera tambah jika kurang dari takaran.
Tetapi, bila battray sudah habis (aus) karena masa pakai telah habis, maka Anda harus menggantinya (mau tidak mau.)
2. Arus listrik ke terminal plus (+) koil down (turun)
Pengertian Sistem Penerangan Mobil- Penyebab utama terjadi pada mobil yang telah berumur lima tahun ke atas adalah tegangan arus listrik ke koil yang berkurang drastis. Akibatnya, proses pembakaran tidak maksinal atau karena pemantik api (ignition) tidak mendapatkan aliran listrik.
Cara mendeteksi masalah ini, yaitu: periksa kabel distributornya dan tempelkan ke body mobil kemudian starter mobil Anda. Bila terdapat percikan api, itu berarti arus listrik masih ada. Begitu pun sebaliknya.
Bila tidak ada arus listrik maka periksalah sambungan kabel, untuk memastikan apakah ada kabel yang tidak tersambung dengan baik. jika sambungan kabel ternyata tidak bermasalah itu tandanya koil atau platina yang rusak atau kotor.
3. Alternator aus (habis)
Ini berfungsi untuk mengisi arus listrik ke battray. Oleh karenanya, bila alternator rusak maka battray akan kehabisan cadangan listrik dan mengakibatkan mobil Anda mogok.
Beberapa masalah yang sering terjadi di alternator adalah :
4. Gulungan kawat tembaga terputus
Beberapa kerusakan yang sering terjadi di perangkat ini di antaranya, putusnya gulungan kawat tembaga tersebut. Walupun hanya satu di antara beberapa gulungan, hal itu akan mengganggu arus listrik yang akan di kirimkan ke pengapian.
5. Diode putus
Biasanya terdapat enam diode di alternator. Meski hanya satu diode yang bermasalah, itu sudah cukup membuat mesin mobil sulit sekali dinyalakan.
6.Kabel berkarat
Kabel pengisian listrik dari alternator ke aki sangat rentan berkarat. Maklum, letak alternator yang ada di bagian bawah dari mesin sangat rawan terkena kotoran dan air, akibatnya kabel menjadi getas atau korosi.
Bila itu terjadi, maka aliran listrik ke aki tidak maksimal dan mobil pun berpotensi mogok.
7.Karburator bermasalah
Penyebab mobil mogok lainnya yang kerap dialami pengguna mobil adalah karburator yang bermasalah (bagi mobil yang masih menggunakan karburator). Pada umumnya, masalah yang terjadi adalah semburan bahan bakar yang terlalu sedikit. Walhasil proses pembakaran tidak sempurna dan mesin sulit dihidupkan.
“Ada dua hal yang menyebabkan karburator tidak bisa menyemburkan bahan bakar secara optimal, yaitu setelan klep yang terlalu rapat atau kotor,” kata Daryono.
Cara untuk mendeteksi masalah itu cukup gampang. Lepas selang bahan bakar kemudian masukan ujungnya ke botol. Kemudian starter mobil. Bila bahan bakar masih mengalir, berarti bahan bakar masih berfungsi baik, dan sebaliknya.
8. Switcher starter aus
Peranti itu memang terlihat sepele dan kerap tidak disadari oleh pengguna atau pemilik mobil. Padahal, kemungkinan terjadinya kerusakan pada peranti ini sangat besar. Maklum, switcher paling kerap digunakan yaitu di saat pengguna mobil mulai mengaktifkan atau mematikan mesin kendaraannya.
Pada umumnya, kerusakan terjadi pada kabel yang renggang, logam kontaktor plus minus untuk menyambungkan arus listrik sudah aus sehingga tidak tersambung. Bila Anda mengalaminya segera ganti.
Namun bila Anda mengalaminya di tengah perjalanan yang sepi dan jauh dari keramaian, maka langkah darurat adalah menyambung kabel plus dan minus starter. Caranya gunakan peniti atau kawat kecil yang tajam, kemudian sambung kedua kabel
dengan peniti atau kawat kecil tersebut.
9.Bahan bakar habis
Metode paling sederhana untuk mengetahui volume bahan bakar minyak adalah dengan melihat indikator pengukur bahan bakar. Pastikan volume bahan bakar dalam kondisi cukup. Pada kendaraan tertentu, jika volume bahan bakar sudah melewati batas penggunaan biasanya ada lampu indikator yang menyala (lampu yang bergambar pompa bensin).
Bila pada indikator bahan bakar sudah menunjukkan posisi normal (misalnya menunjukan posisi ½ atau beberapa strip) perlu dipastikan apakah alat penunjuk ini bekerja dengan normal.
Dengan cara mengketok-ketok dengan benda keras secara perlahan pada bagian bawah tangki bahan bakar. Dengarkan bunyi pukulan tersebut apakah nyaring atau terasa berat. Jika berbunyi nyaring tandanya volume bahan bakar dalam tangki bahan bakar dalam kondisi kosong. Bila bunyi terasa berat ada kemungkinan volume bahan bakar masih cukup untuk menghidupkan mesin.
Apabila volume bahan bakar kurang, sebagai solusi sudah pasti kita harus mencari penjual bahan bakar atau pompa bensin terdekat. Isilah bahan bakar sampai tangki bahan bakar secukupnya.
10.Tekanan bahan bakar tidak ada
Tekanan bahan bakar dapat diketahui dengan melihat pergerakan kepala baut yang terdapat pada pulsation dumper. Coba putar kunci kontak ke posis “START”, bila baut bergerak ke arah luar dapat dipastikan ada tekanan bahan bakar.
11. Saringan bahan bakar mampet
Bila saringan bahan bakar mampet, tekanan yang akan dikirim ke mesin akan berkurang. Jika saringan mampet, gejala awalnya adalah laju kendaraan akan tersendat-sendat. Bila dibiarkan dapat menyebabkan mesin mati.
12. Pompa bahan bakar mati
Pompa bahan bakar mati akan menyebabkan bahan bakar tidak dialirkan ke mesin sehingga akan mati. Untuk memastikan pompa bahan bakar bekerja dengan baik atau tidak, buka tutup tangki dan dalam waktu bersamaan “START” mesin.
Dengarkan suara/getaran yang ada dalam tangki. Umur pompa bensin dapat diperpanjang dengan cara membiasakan tangki bahan bakar selalu dalam kondisi penuh. Hal ini akan mencegah timbulnya korosi pada tangki.
13. Selang bahan bakar bocor/pecah
Selang bahan bakar bocor/pecah akan mengakibatkan bahan bakar yang di kirim ke mesin akan berkurang baik tekanan maupun jumlahnya.
14. Mesin Over Heating
Masalah selanjutnya yang menyebabkan mesin tiba-tiba mati adalah terjadinya kenaikan temperatur mesin yang berlebihan. Hal ini dengan mudah dapat dilihat dari posisi jarum indikator temperatur mesin pada intrumen panel. Biasanya kenaikan jarum penunjuk temperatur pada posisi ½ atau kurang. Jika jarum penunjuk melebihi posisi ½ bisa dipastikan mesin mengalami over heating (kelebihan panas).
15. Tidak ada Pengapian
Syarat dari mesin bensin bisa berputar (running) pada prinsipnya ada tiga faktor, yaitu adanya tekanan kompresi yang kuat, bahan bakar cukup dan pengapian cukup besar dan tepat. Apabila tekanan kompresi dan bahan bakar normal, kemungkinan penyebab lainnya adalah sistem pengapian. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan sistem pengapian tidak bekerja normal. Secara garis besar pada sistem pengapian dibagi dalam dua bagian yaitu:
16. Sirkuit primer
Rangkaian yang terkait dengan sirkuit primer yaitu sirkuit yang mengalirkan tegangan 12V baterai. Sirkuit ini terdiri dari baterai-sekring-kunci-ignition coil (primary coil). Untuk mencari penyebab kerusakan para sirkuit primer dengan cara menelusuri tegangan 12V baterai stand by di terminal positif ignition coil. Selama tegangan di terminal positif ignition coil sudah ada (saat kunci kontak posisi ON), dapat dipastikan sirkuit primer dalam kondisi normal.
17. Sirkuit sekunder
Sirkuit lainnya adalah sirkuit sekunder atau sirkuit pembangkitan arus bertegangan tinggi 20KV – 30KV. Sirkuit ini terdiri dari komponen: ignition coil, Platina / condensor (tipe Konvensional), Igniter & pick up coil (tipe transistor/CDI), tutup distributor, rotor, kabel tegangan tinggi busi dan busi.
Buka salah satu busi pada mesin. Kemudian sambungkan dengan kabel tegangan tinggi ignition coil. Dalam kondisi busi menempel dengan bodi mesin, start mesin. Jika terjadi percikan bunga api pada busi, artinya sirkuit primer dan sekunder bekerja normal.
Gangguan pada system bahan bakar, bisa karena tak sampainya bahan bakar ke silinder atau ruang bakar. Sehingga membuat mesin langsung mati tanpa tersendat. Biasanya karena aliran bahan bakar terganggu akibat dari tersumbatnya saluran bahan bakar dari tangki. Kasus ini banyak dijumpai pada mobil berkaburator atau injeksi bahan bakar.
18. Sedangkan pada mobil dengan fuel injection
Penyebabnya bertambah lagi yakni karena adanya kerusakan pada pompa bahan bakar. Gejala tersendat bisa muncul lantaran saringan bahan bakar kotor. Biasanya tak menyebabkan mesin mati seketika dan hanya terasa pada putaran tinggi. Bila gas dilepas atau putaran mesin diturunkan, gejala ini akan berkurang atau bahkan hilang. Segera bersihkan saringan bahan bakar. Sebab jika lama dibiarkan kotoran akan terbawa ke karburator atau injector.
Tindakan Darurat :
Untuk system pengapian, lepas salah satu kabel busi dan dekatkan ke mesin. Hidupkan mesin dan perhatikan apakah ada loncatan bunga api dari kabel tegangan tinggi. Bila tak ada atau kecil sama sekali, berarti ada gangguan di system pengapian. Bila api yang dihasilkan cukup besar gangguan bukan berasal dari situ.
19. Periksa power listrik di koil apakah tersambung atau tidak
Lihat distributor dan tempel ke bodi mobil, kemudian starter mobil mengecek ada power/percikan listrik atau tidak
20. Bila tidak ada, periksa bagian platina apakah kotor/tidak.
Ulangi langkah kedua, kalau ada pengapian berarti mobil siap jalan.
Bila masih juga mogok coba cek bahan bakar. Ambil botol, masukkan selang bensin ke botol lalu starter mobil. Kalau bensin keluar, berarti bahan bakar masih berfungsi baik.
21. Bila tidak keluar, berarti pompa/saringan bensin kotor
Kalau sudah begini tidak bisa lain, telepon bengkel langganan supaya mobil Anda bisa diderek dan diperbaiki
22. Mobil Sulit hidup, Bagaimana ceranya?
Sulit di-starter atau mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri bagi mobil pribadi seseorang, apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali tidak mengerti bagaimana merawat mobil. Jangan sampai Anda menjadi salah satu diantara mereka yang buta teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi di saat Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat penting).
Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.
Tips :
23. Bukalah penutup mesin mobil Anda dan putuskan kabel penghubung kondensor AC.
24. Kabel kondensor AC yang telah terputus bisa Anda hubungkan dengan kabel kondensor mesin.
Saat segalanya terpasang, maka Anda jangan lupa untuk melepas magnit kompresor. Kabel ini biasanya terletak tak jauh dari kompesor ac.
Setelah semuanya selesai dihubungkan, maka Anda tinggal menyalakan mesin berikut ac.
Selamat mencoba !!
Sumber :
http://www.tempo.co/
http://herman-automotive.blogspot.com/
http://www.oto.co.id/infootomotif/